Manfaat Luenca

Manfaat Luenca

Manfaat Luenca - Leunca atau disebut juga ranti di daerah Jawa memiliki nama latin Solanum nigrum L, leunca merupakan tumbuhan yang termasuk ke dalam suku terung-terungan atau Solanaceae, buah leunca dikenal sebagai sayuran yang bisa dimakan mentah atau diolah terlebih dahulu, rasa buah leunca sangat unik.

Tanaman leunca menyukai kawasan ladang atau kebun yang terang, tingginya bisa mencapai 120 cm, batangnya tidak berkayu dan ditutupi rambut halus, daun mencapai panjang 7 cm dan lebar 5 cm, bunganya tersusun dalam rangkaian dimana mahkotanya berwarna putih kehijauan dan kepala sari kuning tegak yang menutupi putiknya, buahnya bulat kecil berwarna hijau jika masih muda dan ungu ketika masak.

Leunca selain dimanfaatkan sebagai lalapan atau sayuran, juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk pengobatan, buah leunca yang sudah matang digunakan sebagai bahan obat-obatan semenjak lebih dari 2000 tahun yang lalu.

Kandungan gizi yang terdapat dalam leunca yang sangat bermanfaat untuk tubuh yaitu kalsium, solasonim, fosfor, vitamin A, vitamin C, zat besi, solanin, glikoalkaloid, solasodin, solanidin, saponin, atropin, diosgenin, tigogenin, minyak semak, zat samak, kalori, protein dan lemak.

Manfaat leunca untuk kesehatan diantaranya

Demikian mengenai Manfaat Luenca, semoga bermanfaat. Tetapi selain memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan buah lenca memiliki efek negatif yaitu dapat menurunkan jumlah sperma sehingga dapat mengganggu kesuburan.

Sumber : wikipedia.com dan tribunnews.com

Labels: , ,